Membuat Bakpao Gula Merah Sederhana Dan Enak

5 Variasi Resep Bakpao Kukus yang Empuk dan Mengembang seruni.id
5 Variasi Resep Bakpao Kukus yang Empuk dan Mengembang seruni.id from seruni.id

Apa Itu Bakpao Gula Merah?

Bakpao gula merah atau yang juga disebut bakpao taiwan adalah jenis roti yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi. Roti ini memiliki bentuk bulat dan berisi selai gula merah. Bakpao taiwan ini sangat populer di kalangan warga Indonesia karena rasanya yang manis dan renyah.

Resep Bakpao Gula Merah

Berikut ini adalah resep sederhana untuk membuat bakpao gula merah:

  • 100 gram tepung terigu protein rendah
  • 30 gram gula pasir
  • 25 gram susu bubuk
  • 25 gram ragi instan
  • 50 ml air dingin
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • Selai gula merah

Langkah-Langkah Membuat Bakpao Gula Merah

1. Persiapan Bahan dan Alat

Pertama-tama, siapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan. Anda akan membutuhkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instan, air dingin, minyak sayur, dan selai gula merah. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan wadah untuk mencampur bahan, sendok, penggaruk, oven, dan loyang yang sudah diolesi minyak.

2. Campur Bahan Kering

Kemudian, masukkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan ke dalam wadah. Aduk rata semua bahan hingga tercampur merata. Setelah itu, tambahkan air dan minyak sayur ke dalam adonan. Aduk hingga bahan tercampur merata.

3. Uleni Adonan

Kemudian, uleni adonan hingga kalis dan elastis. Anda bisa menggunakan sendok atau tangan untuk menguleni adonan. Setelah adonan sudah menjadi kalis dan elastis, diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang.

4. Bentuk Bakpao

Setelah adonan mengembang, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil. Setiap bola berukuran sekitar 2 cm. Kemudian, tusuk bola-bola adonan dengan garpu atau tusuk gigi. Setelah itu, letakkan bola-bola adonan di atas loyang yang sudah diolesi minyak.

5. Isi Bakpao

Setelah itu, tambahkan selai gula merah ke dalam bola-bola adonan. Anda bisa menaruh selai gula merah di tengah bola-bola adonan atau membuat lubang di tengah-tengah bola-bola adonan lalu menaruh selai di dalam lubangnya.

6. Panggang Bakpao

Kemudian, panggang bakpao di dalam oven dengan suhu 150-160 derajat Celsius selama 20-25 menit. Setelah 20-25 menit, cek apakah bakpao sudah matang dengan cara mengetuk bagian atasnya. Jika sudah matang, angkat dan sajikan bakpao gula merah.

Tips Membuat Bakpao Gula Merah

Anda dapat menambahkan skor ubi ungu ke dalam adonan untuk memberikan warna yang menarik. Anda juga dapat menggunakan tepung terigu protein tinggi untuk membuat bakpao gula merah yang lebih renyah. Selain itu, anda juga bisa menggunakan berbagai jenis selai lain seperti selai coklat, selai kacang, atau selai buah-buahan lainnya.

Kesimpulan

Bakpao gula merah adalah roti yang populer di Indonesia. Roti ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi. Bakpao gula merah memiliki rasa manis dan renyah. Membuat bakpao gula merah cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, campur bahan kering, uleni adonan, bentuk bakpao, isi bakpao, dan panggang bakpao. Selamat mencoba!

0 Response to "Membuat Bakpao Gula Merah Sederhana Dan Enak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel