Cara Menanam Dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Mudah Di Rumah Dengan Gampang

Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Praktis Di Rumah – Melati air (Echinodorus palaefolius var. latifolius) ialah tanaman berbunga yang indah dan menyegarkan udara yang masuk dalam suku Alismataceae dan berasal dari Brazil, Peru, Meksiko dan Uruguay. Bunga melati air ini unik alasannya hidup di air. Ciri bunga melati air yakni memiliki bunga berwarna putih dengan jumlah kelopak bunga 3, kepala sari berwarna kuning ditengaf membentuk lingkaran.


Tanaman bunga melati air berbunga tidak kenal animo. Daun flora bunga melati air memiliki bentuk yang eksotis, makin keatas semakin melebar. Daun melati air agak kaku, permukaan dan bab bawah daun ditumbuhi bulu-bulu yang bernafsu dengan bentuk daun beraneka ragam mulai dari bundar besar, lonjong besar dan lonjong kecil . Bunga melati air akan mekar pada saat pagi hari dan akan kembali menguncup pada sore hari.


Klasifikasi Melati air

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)

Sub Kelas : Alismatidae

Ordo : Alismatales

Famili : Alismataceae

Genus : Echinodorus

Spesies : Echinodorus palaefolius var. latifolius


Selain indah, bunga melati air juga memiliki aneka macam faedah. Adapun manfaat melati air adalah menyegarkan udara, mengobati sariawan, jerawat, bronkitis, sakit mata, keseleo, tak bisa tidur, radang usus dan lain sebagainya.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air


Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam


Pertama, siapkan apalagi dahulu pot tanam yang akan dipakai untuk menanam melati air. Ukuran pot mampu disesuaikan dengan ukuran rumpun melati yang akan di tanam, tetapi lebih besar lebih bagus. Jika pot telah siap, tutup lubang dibawah pot agar nantinya air dalam pot tetap tergenang.


Selanjutnya siapkan media tanam berbentuktanah halus tapi lebih baik tanah lumpur. Masukkan tanah tersebut kedalam pot tadi hingga 1/3 bab pot lalu tambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos diatas tanah tadi.


Cara Menanam Melati Air


Jika telah siap, berikutnya lakukan penanaman. Tanam rumpun melati air ke media tanam. Setelah itu, timbun kembali dengan tanah atau lumpur kemudian padatkan.


Kemudian sisa ruang dari media tanam diisi dengan air. Hal inilah yang diharapkan melati air supaya tanaman mampu berkembang dan berkembang dengan baik.


Setelah penanaman, jangan pribadi diletakkan di kawasan yang terkena cahaya matahari secara langsung. Letakkan pada kawasan yang sejuk alasannya adalah jika ditaruh pada kawasan yang terkena sinar matahari secara pribadi mampu menimbulkan daun cepat mengering.


Cara Merawat Melati Air


Melati air tidak memerlukan penyiraman alasannya adalah semua kebutuhan air sudah terpenuhi dengan baik. Faktor yang perlu diperhatikan yakni pemupukan. Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK setiap sebulan sekali. Pupuk NPK yang hendak diberikan ke flora jangan langsung disebar namun sumbangan pupuk ini mesti dilakukan dengan sistem penyuntikan memakai selang. Selang dimasukkan ke dalam media tanam, lalu pupuk NPK dialirkan lewat selang tersebut.


Demikian artikel pembahasan ihwal”Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Praktis Di Rumah“,  semoga berfaedah dan jangan lupa ikuti artikel kami selanjutnya. Sampai jumpa



0 Response to "Cara Menanam Dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Mudah Di Rumah Dengan Gampang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel