Cara Menanam Dan Merawat Flora Pacar Kuku “Pewarna Kuku Alami” Gampang Dan Cepat

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pacar Kuku “Pewarna Kuku Alami” – Pacar kuku atau daun  inai  (Lawsonia inermis) ialah tanaman yang masuk dalam suku Lythaceae dan berasal dari Afrika Timur Laut dan Asia Barat Daya. Tanaman pacar kuku ini memiliki sebutan yang berlawanan disetiap daerah di Indonesia diantaranya: pacar petok (Jawa), inai parasi (Sumatera), gaca, ineng (Aceh), daun laka (Ambon), kacar (Gayo), ine (Batak), inae batang (Minangkabau), bunga laka (Timor), kayu laka (Menado), pacar kuku (Jawa Tengah dan Sunda), pacar (Madura dan Dayak), tilangga tutu (Gorontalo), kolondigi (Buol), karuntigi (Ujungpandang), pacel (Bugis), bunga jari (Halmahera), laka bobudo (Ternate), dan laka kahori (Tidore).


Ciri-Ciri tumbuhan pacar air adalah memiliki batang perdu, tegak dengan cabang-cabang yang sering berujung runcing. Daun pacar kuku terletak berhadapan dengan bentuk jrong atau jorong lanset dengan panjang sekitar 1,5 sampai 5,0 cm. Perbungaan flora pacar kuku ini berupamalai, bunga tumbuh di bab ujung cabang dan ketiak daun dengan panjang bunga sekitar 4-20 cm. Bunga pacar kuku mempunyai warna yang beragamm diantaranya kuning muda, merah jambu hingga merah dan bunga tersebut sangat harum. Sedangkan buah flora pacar kuku berupa buah kotak dengan bentuk lingkaran atau bundar pipih dan memiliki garis tengan sekitar 0,5 cm.


Klasifikasi Ilmiah Pacar Kuku

Kingdom: Plantae

(tidak tergolong): Angiospermae

(tidak tergolong): Eudikotil

(tidak tergolong): Rosids

Ordo: Myrtales

Famili: Lythraceae

Genus: Lawsonia L.

Spesies: Lawsonia inermis


Pacar kuku ini banyak ditanam sebagai flora hias alasannya adalah berbunga sepanjang tahun selain itu juga digunakan dalam amis-wangian. Pacar kuku di Indonesia juga paling diketahui selaku pemerah kuku tradisional dengan cara menumbuk daun dengan kapur atau gambir untuk mewarnai merah kuku. Tidak cuma itu, daun dalam bentuk kering, Jika daunnya ditumbuk dengan air, maka bisa digunakan untuk mewarnai rambut. Daun pacar kuku mengandung zat warna lawson yang bisa diekstrak selaku kristal berwarna kuning jingga, dipakai untuk mewarnai wol dan sutera. Daun pacar kuku mengandung tanin sekitar 4,5 %, digunakan untuk obat penghenti diare ; serbuk daun dipakai untuk obat luka. Bunga pacar kuku mengandung minyak atsiri yang berbau seperti trimetil amina, dipakai dalam kosmetika. Biji mengandung minyak sekitar 10,5%. Kayu tanaman pacar kuku yang kelabu dan keras digunakan untuk menciptakan barang-barang kecil dan tusuk gigi.


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pacar Kuku


Menanam pacar kuku, tidak membutuhkan keahlian khusus. Kalian mampu merencanakan bibit yang mampu diperoleh di lapak pedagang tanaman hias. Kemudian bila bibit sudah siap, berikutnya siapkan media tanam berupa adonan arang sekam, pasir dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Siapkan polybag atau pot mempunyai metode drainase yang bagus, kemudian masukkan media tanam dalam pot atau media tanam tersebut . Jika semua telah siap , secepatnya lakukan penanaman.


Perawatan pohon inai atau pacar kuku ini tidak begitu susah, kerjakan penyiraman selama 1 minggu setelah masa tanam. Jika sudah muncul kecambah, kerjakan oemberian pupuk sangkar dalam dosis satu sendok makan. Lakukan pemupukan secara  rutin selama dua bulan saja.


Demikian postingan pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pacar Kuku “Pewarna Kuku Alami”“,  agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya. Sampai jumpa



0 Response to "Cara Menanam Dan Merawat Flora Pacar Kuku “Pewarna Kuku Alami” Gampang Dan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel