Resep Gulai Putih Ikan Yang Enak Dan Mudah Dibuat

10 Resep gulai ikan, enak, gurih dan mudah dibuat
10 Resep gulai ikan, enak, gurih dan mudah dibuat from brilicious.brilio.net

Apa Itu Gulai Putih Ikan?

Gulai putih ikan adalah salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Makanan ini punya cita rasa yang lezat dan gurih. Makanan ini terbuat dari ikan yang digoreng dan dicampur dengan bumbu-bumbu khas yang disebut gulai. Bumbu-bumbu tersebut diolah sampai menjadi kuah yang berwarna putih. Makanan ini banyak ditemui di restoran atau warung makan di Sumatera Barat.

Beragam Bahan yang Harus Dibutuhkan

Untuk membuat gulai putih ikan ini, bahan-bahan yang harus dibutuhkan antara lain: ikan, santan, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, daun salam, daun jeruk, serai, garam, dan gula. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan cabe rawit, tomat, dan cabai jika Anda suka rasa pedas. Pastikan bahwa ikan yang dipakai telah dibersihkan dengan benar dan telah dipotong-potong sesuai selera.

Langkah-Langkah Membuat Gulai Putih Ikan

Langkah pertama adalah menggoreng ikan yang telah dipotong-potong. Setelah ikan benar-benar matang, angkat kemudian tiriskan. Selanjutnya, tumis bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, daun salam, daun jeruk, dan serai. Setelah semua bumbu halus, masukkan santan dan ikan yang sudah digoreng. Masak selama 15 menit hingga ikan benar-benar matang dan kuahnya menyusut. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Setelah itu, gulai putih ikan siap untuk disajikan.

Mengolah Gulai Putih Ikan dengan Biji Ketumbar

Untuk memberikan rasa yang lebih gurih, Anda bisa menambahkan biji ketumbar. Caranya, Anda bisa menggoreng biji ketumbar hingga layu dan gosong. Setelah itu, haluskan biji ketumbar tersebut. Masukkan bubu halus tersebut ke dalam gulai putih ikan yang sudah hampir matang. Anda bisa menyesuaikan jumlah biji ketumbar sesuai selera. Aduk rata dan masak selama 5 menit hingga bumbu meresap ke dalam ikan.

Cara Menyajikan Gulai Putih Ikan

Gulai putih ikan siap disajikan bersama nasi hangat. Anda juga bisa menambahkan kerupuk, acar, atau bawang goreng untuk menambah cita rasa. Selain itu, Anda juga bisa menyantap gulai putih ikan dengan lontong atau ketupat. Untuk menambah citarasa, Anda bisa menambahkan sambal atau lalapan. Aroma gurih dan pedas dari gulai putih ikan akan membuat selera makan Anda terpuaskan.

Manfaat Kuliner Gulai Putih Ikan

Selain memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, gulai putih ikan juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Makanan ini mengandung protein yang tinggi, sehingga dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain itu, gulai putih ikan juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Makanan ini juga mengandung beberapa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Demikianlah Resep Gulai Putih Ikan yang Enak dan Mudah Dibuat

Gulai putih ikan memang merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan lezat. Selain itu, gulai putih ikan juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan resep yang mudah dan sederhana ini, Anda bisa mencoba membuat gulai putih ikan di rumah. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Gulai Putih Ikan Yang Enak Dan Mudah Dibuat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel