Resep Kolak Pisang Tanpa Gula Merah Yang Enak Dan Sehat

Resep Kolak Pisang Santan Singkong enakk oleh Tintin Rayner Cookpad
Resep Kolak Pisang Santan Singkong enakk oleh Tintin Rayner Cookpad from cookpad.com

Meskipun sudah banyak kue dan masakan yang dibuat dari gula merah, namun ternyata masih banyak lagi kue atau masakan yang bisa dibuat tanpa gula merah. Salah satunya adalah kolak pisang. Kolak pisang merupakan salah satu makanan yang biasa disajikan saat hari raya. Namun, kali ini kita akan membuat kolak pisang tanpa gula merah. Menarik bukan? Yuk, kita mulai.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Kolak Pisang Tanpa Gula Merah

Berikut adalah bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk membuat kolak pisang tanpa gula merah:

  • 350 gram gula pasir
  • 750 ml air
  • 2 sendok teh garam
  • 12 buah pisang (bisa lebih banyak atau lebih sedikit sesuai selera)
  • 3 lembar daun pandan
  • 2 sendok makan santan kental
  • 1 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat Kolak Pisang Tanpa Gula Merah Yang Enak dan Sehat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan semua bahan yang kita butuhkan. Setelah itu, kita siap untuk membuat kolak pisang tanpa gula merah.

Langkah kedua, kita akan mulai memasak. Pertama, kita panaskan air bersama gula pasir, garam, dan daun pandan. Aduk rata hingga gula larut dan biarkan hingga mendidih. Setelah itu, masukkan pisang dan aduk hingga matang. Masukkan juga santan kental dan vanili bubuk. Aduk hingga merata dan biarkan hingga mendidih.

Langkah ketiga adalah menyiapkan mangkuk untuk menampung kolak pisang tanpa gula merah yang telah jadi. Setelah itu, tuangkan kolak pisang ke dalam mangkuk dan biarkan hingga dingin. Kolak pisang tanpa gula merah siap untuk disajikan.

Resep Kolak Pisang Tanpa Gula Merah Yang Enak dan Sehat

Kolak pisang tanpa gula merah yang enak dan sehat ini sangat mudah dibuat dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat sehat, sehingga kita bisa menikmati kolak pisang tanpa gula merah ini dengan tenang tanpa khawatir tentang masalah kesehatan.

Selain itu, kolak pisang tanpa gula merah ini juga dapat disajikan dengan berbagai macam bahan lain, seperti nangka, ketan, atau jagung. Dengan begitu, kita bisa menikmati kolak pisang tanpa gula merah dengan berbagai macam rasa yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Kolak pisang tanpa gula merah adalah salah satu makanan yang enak dan sehat. Buatlah kolak pisang tanpa gula merah di rumah dan nikmati bersama keluarga. Semoga resep kolak pisang tanpa gula merah ini bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Resep Kolak Pisang Tanpa Gula Merah Yang Enak Dan Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel